Selasa, 31 Maret 2009

BUKU : BUDAYA ALAM MINANGKABAU

BUKU BUDAYA ALAM MINANGKABAU
(BAM)

SESUAI DENGAN BUDAYA LOKAL KOTA PADANG

BAM UNTUK SMP

Puji syukur kita ucapkan kepada Allah SWT. yang telah memberikan kekuatan lahir dan bathin sehingga buku pelajaran “Budaya Alam Minangkabau (BAM)” untuk siswa Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) dapat diselesaikan dengan baik.
Penyusunan buku Budaya Alama Minangkabau untuk siswa Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) ini dilaksanakan atas prakarsa Pemerintah Kota Padang Panjang dan Dinas Pendidikan Kota Padang Panjang tahun 2002 yang telah memberikan kepercayaan kepada Tim peneliti pada Lembaga Penelitian IAIN Imam Bonjol Padang, melalui kegiatan Research and Development (Penelitian dan Pengembangan) yang dilaksanakan melalui tiga tahap kegiatan yaitu:
Tahap Pertama, melaksanakan penelitian di lapangan pada sekolah-sekolah yang telah ditetapkan sebagai sampel, serta kepada pemuka masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pendidikan, pemerintah, DPRD, untuk mendapatkan gambaran tentang Adat Budaya Minangkabau yang seharusnya diajarkan kepada siswa Sekolah Menengah Pertama ( SMP ), menurut kebutuhan, dan keinginan masyarakat dewasa ini, sehingga siswa-siswa Sekolah Dasar akan menjadi manusia yang beradat dan berbudaya sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat saat ini .
Tahap Kedua, penyusunan Garis Besar Program Pembelajaran (GBPP), Silabus, dan penulisan buku ajar ysng disusun berdasarkan hasil penelitian tahap Pertama. Penyusunan GBPP, Silabus dan Buku ajar BAM ini juga merupakan review dan pengembangan dari GBPP yang telah ada sebelumnya pada Sekolah Dasar di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Padang Panjang.
Tahap Ketiga, buku pelajaran yang telah ditulis tersebut diuji cobakan pada beberapa sekolah sebagai sampel di Kota Padang Panjang. Berdasarkan hasil uji coba tersebut, dilakukan revisi baik menyangkut GBPP, Silabus maupun materi Buku Pelajaran, sehingga buku pelajaran ini betul-betul memiliki nilai adat dan budaya masyarakat Kota Padang Panjang.
Berdasarkan hal-hal yang diuraikan di atas, maka buku pelajaran Budaya Alam Minangkabau yang telah disusun ini mengandung beberapa kelebihan antara lain :
l. Buku pelajaran Budaya Alam Minangkabau ini ditulis berdasarkan hasil penelitian yang mendalam pada sekolah-sekolah, pemuka masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, di kota Padang Panjang, sehingga materi-materi yang disajikan dalam buku ini merupakan kebutuhan masyarakat dalam upaya pelestarian adat dan budaya bagi siswa Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) saat ini.
2. Materi-materi pelajaran yang disajikan kepada siswa adalah berdasarkan kebutuhan masyarakat terhadap adat istiadat, budaya Alam Minangkabau yang harus dimiliki siswa, sehingga diharapkan para siswa dapat mengaplikasikan nilai adat dan budaya dalam kehidupannya sehari-hari .
3. Dalam penyajian materi pembelajaran di sekolah, maka keaktifan siswa lebih diutamakan, sehingga siswa lebih banyak berdialog, berdiskusi, tanya jawab, baik sesama mereka maupun dengan guru, sehingga materi pelajaran yang diberikan oleh gurunya betul-betul dihayati, dan diamalkan oleh siswa di sekolah, di rumah dan dalam masyarakatnya.
4. Peranan guru dalam penyajian lebih diutamakan sebagai mediator, fasili-tator, dan pembimbing dari pada mengintrodusir materi sebanyak-banyak kepada siswa, sehingga proses belajar mengajar lebih banyak bersifat penghayatan dan pengamalan ketimbang menerima pelajaran secara verbal.
5. Penerapan dan evaluasi hasil pembelajaran dilaksanakan setiap akhir penyajian materi. Evaluasi tersebut tidak hanya sekedar mengetahui pengetahuan dan pemahaman (domain kognitif) siswa belaka, akan tetapi juga lebih ditekankan pada aspek sikap (domain afektif) dan pengamalan (domain psikomotor)nya.
6. Dalam buku ini telah dijelaskan tujuan yang akan dicapai, kegiatan siswa, pekerjaan rumah (PR) siswa dan evaluasi akhir pelajaran, sehingga kemudahan-kemudahan bagi guru dan siswa akan menambah keberhasilan pelajaran ini.

Daftar Isi
BUKU KELAS VII (SMP)

KATA SAMBUTAN i i
KATA PENGANTAR iii
DAFTAR ISI iv


BAB I : PERUBAHAN WILAYAH 1
A. Bentuk dan Perubahan Wilayah 1
B. Taratak 3
1. Pengertian Taratak 3
2. Ciri-Ciri Taratak 3
3. Kehidupan dan Tata Pergaulan Masyarakat Taratak 4
4. Pertanyaan dan Tugas 5
C. Dusun 6
1. Pengertian Dusun 6
2. Ciri-Ciri Dusun 6
3. Kehidupan dan Tata Pergaulan Masyarakat Dusun 7
4. Pertanyaan dan Tugas 7
D. Koto 9
1. Pengertian Koto 9
2. Ciri-Ciri Koto 9
3. Kehidupan dan Tata Pergaulan Masyarakat Koto 10
4. Pertanyaan dan Tugas 10
E. Nagari 11
1. Pengertian Nagari 11
2. Syarat-Syarat Sebuah Nagari 13
3. Tata Cara Hidup Bernagari 15
4. Batas Nagari 15
5. Perhiasan Nagari 16
6. Pagaran Nagari 18
7. Pertanyaan dan Tugas 19

BAB II : KEPEMIMPINAN ADAT 21
A. Tungku 3 Sajarangan Tali 3 Sapilin 22
1. Dasar:Anggo Tanggo 23
2. Undang:Alua Jo Patuik 24
3. Hukum:Raso Pareso 24
B. Fungsionaris Tungku 3 Sajarangan 25
1. Ninik Mamak 26
2. Alim Ulama 28
3. Cadiak Pandai 29
4. Pertanyaan dan Tugas 31
C. Urang Nan Ampek Jinih 32
1. Penghulu 32
2. Manti 47
3. Dubalang 47
4. Malin 48
5. Pertanyaan dan Tugas 48
D. Urang Jinih Nan Ampek 50
1. Imam 50
2. Katik 50
3. Bila 51
4. Kali 51
5. Pertanyaan dan Tugas 52

BAB III : BUNDO KANDUANG 53
A. Status 53
1. Pengertian Bundo Kanduang 53
2. Status dan Eksistensi Bundo Kanduang 54
3. Sifat-Sifat Bundo Kanduang 55
B. Tugas Pokok dan Fungsi Bundo Kanduang 62
1. Bundo Kanduang Sebagai Pusek jalo Kumpulan Tali 62
2. Bundo Kanduang Sebagai Sumarak dalam Nagari 62
3. Bundo Kanduang Sebagai Limpapeh 63
4. Bundo Kanduang Sebagai Nan Gadang Basa Batuah 64
5. Bundo Kanduang Sebagai Umbun Puruak Pagangan
Kunci 64
C. Kewajiban dan Martabat Bundo Kanduang 66
1. Kewajiban Bundo Kanduang 66
2. Martabat Seorang Bundo Kanduang 68
3. Pertanyaan dan Tugas 74
BAB IV : URANG NAN AMPEK FUNGSI 77
A. Urang Sumando 78
1. Pengertian Sumando 78
2. Tipe-Tipe Sumando 79
3. Bapak Sebagai Sumando 82
4. Pasumandan 86
B. Mamak Rumah 91
1. Pengertian Mamak Rumah 91
2. Hubungan Mamak Rumah dengan Rang Sumando 91
3. Fungsi Mamak Rumah 92
C. Ibu dan Ayah Penganten 95
1. Pengertian Ibu dan Ayah 95
2. Tugas Ibu dan Ayah Anak Daro 95
D. Anak Daro 96
1. Pengertian Anak Daro 96
2. Saputangan Anak Daro 96
3. Pertanyaan dan Tugas 97
DAFTAR PUSTAKA
Daftar Isi
BUKU KELAS VIII (SMP)

SAMBUTAN i
KATA PENGANTAR iii
DAFTAR ISI v



BAB I KEKERABATAN 1
A. Kaum 1
1. Sasuku 1
2. Saparuik 3
3. Tungganai 4
4. Kakak Ibu Perempuan Sulung 5
5. Pertanyaan dan Tugas 6
B. Bako 7
1. Orang Tua Ayah 7
2. Keluarga Ayah 7
C. Keluarga Mamak 9
1. Mintuo dan Mertua 9
2. Anak Pisang 14
3. Pertanyaan dan Tugas 17

BAB II: ALEK SALINGKA HIDUIK MINANG 19
A. Kerja Syarak 19
1. Meminang 19
2. Akad Nikah 22
B. Kerja Adat 24
1. Mamanggia Marapulai 24
2. Maanta Siriah 26
3. Babako 27
4. Hakikat Perkawinan di Minangkabau 28
5. Macam-Macam Perkawinan dari Sisi Syarak dan Adat 29
C. Kawin Pantang 32
1. Kawin Terlarang 32
2. Kawin Pantang 32
3. Kawin Sumbang 33
4. Pertanyaan dan Tugas 34



BAB III: PERLENGKAPAN DAN ATRIBUT ADAT 35
A. Pelaminan 35
1. Pengertian Pelaminan di Minangkabau 35
2. Bagian-Bagian Pelaminan 36
3. Pertanyaan dan Tugas 40
C. Carano 42
1. Fungsi Carano 42
2. Carano Sebagai Perlengkapan Adat 43
3. Pertanyaan dan Tugas 44

BAB IV HUKUM ADAT 45
A. Arti dan Macam-Macam Hukum Adat Minangkabau 45
1. Pengertian Hukum Adat 45
2. Macam_Macam Ancaman Hukum 47
B. Undang-Undang Adat Limbago Nan-10 50
1. Cupak Nan Duo 50
2. Kato nan Ampek 51
3. Undang-Undang Nan Ampek 54
4. Undang_undang Dalam Nagari atau UU Isi Nagari 55
C. Sumbang Duo Baleh Menurut Adat 56
1. Arti Sumbang Duo baleh 56
2. Macam-Macam Sumbang Duo Baleh 57
D. Undang-Undang –20 62
1. Undang-Undang-8 62
2. Undang-Undang-12 62
3. Tugas dan Pertanyaan 63

DAFTAR PUSTAKA




Daftar Isi
BUKU KELAS IX (SMP)

KATA SAMBUTAN ii
KATA PENGANTAR iii
DAFTAR ISI v


BAB I FILSAFAT ADAT 1
A. ADAT MINANGKABAU 1
1. Pandangan Adat Minangkabau 1
2. Pembagian Adat Minangkabau 7
B. Filsafat Alam dalam Adat 13
1. Makhluk Hidup 13
2. Filsafat Alam Sekitar 18
C. Adat Basandi Syarak 23
1. Pengertian Adat Basandi Syarak Syarak Basandi
Kitabbullah 23
2. Syarak Mangato Adat Mamakai 24
3. Pertanyaan dan Tugas 30

BAB II BAHASA DAN SASTRA 31
A. Dialek Minang dan Padang Panjang 31
1. Pengertian Dialek 31
2. Dialek Padang Panjang 32
B. Tambo 34
1. Pengertian Tambo 34
2. Jenis Tambo 35
C. Petatah Petitih 36
1. Pengertian Petatah Petitih 36
2. Model Petatah Petitih 36
D. Kaba 38
1. Pengertian Kaba 38
2. Bentuk-Bentuk Kaba 38
E. Dongeng 39
1. Pengertian Dongeng 39
2. Bentuk-Bentuk Dongeng dan Legenda 39
3. Pertanyaan dan Tugas 40



BAB III KEMBALI KA NAGARI 41
A. Sejarah Kronologis Nagari 41
1. Pertumbuhan Pemerintahan Nagari di Minangkabau 41
2. Perkembangan Nagari Di Padang Panjang 50
B. Wilayah Pemerintahan Terendah 54
1. Wali Nagari, DPN, BMAS 54
2. KAN 55
C. Wilayah Subculture (Kebudayaan) 57
1. Surau Basis 57
2. Adat Salingka Nagaro 58
3. Adat Minang Kota 59
4. Pertanyaan dan Tugas 60

BAB IV MERANTAU 65
A. Makna Merantau 65
1. Kebutuahan 65
2. Harga Diri dan Martabat 67
B. Faktor Penyebab Merantau 69
1. Ekonomi dan Politik 69
2. Pendidikan 69
3. Mutasi Penduduk 70
C. Sumbangsih Perantau 72
1. Kepada Kaum 72
2. Kepada Nagari 72

DAFTAR PUSTAKA





ANDA BERMINAT BUKU BAM SMP KELAS VII, VIII DAN IX
SECARA LENGKAP DAPAT MENGHUBUNGI

E-MAIL:
firdatuk@gmail.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar