Selasa, 31 Maret 2009
BUKU BUDAYA ALAM MINANGKABAU KHUSUS KOTA PADANG UNTUK SD
BUKU BUDAYA ALAM MINANGKABAU
(BAM)
SESUAI DENGAN BUDAYA LOKAL KOTA PADANG
BAM UNTUK SD
Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Puji syukur kita ucapkan kepada Allah SWT. yang telah memberikan kekuatan lahir dan bathin sehingga buku pelajaran “Budaya Alam Minangkabau (BAM)” untuk siswa Sekolah Dasar (SD) dapat diselesaikan dengan baik.
Penyusunan buku Budaya Alama Minangkabau untuk siswa Sekolah Dasar ini dilaksanakan atas prakarsa Pemerintah Kota Padang dan Dinas Pendidikan Kota Padang tahun 2006 yang telah memberikan kepercayaan kepada Tim Research and Development (Penelitian dan Pengembangan) BAM dan Budi Pekerti Lembaga Penelitian IAIN Imam Bonjol Padang, melalui kegiatan yang dilaksanakan melalui tiga tahap kegiatan yaitu:
Tahap Pertama, melaksanakan penelitian di lapangan pada sekolah-sekolah yang telah ditetapkan sebagai sampel, serta kepada pemuka masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pendidikan, pemerintah, DPRD, untuk mendapatkan gambaran tentang Adat Budaya Minangkabau yang seharusnya diajarkan kepada siswa Sekolah Dasar, menurut kebutuhan, dan keinginan masyarakat dewasa ini, sehingga siswa-siswa Sekolah Dasar akan menjadi manusia yang beradat dan berbudaya sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat saat ini .
Tahap Kedua, penyusunan Garis Besar Program Pembelajaran (GBPP), Silabus, dan penulisan buku ajar ysng disusun berdasarkan hasil penelitian tahap Pertama. Penyusunan GBPP, Silabus dan Buku ajar BAM ini juga merupakan review dan pengembangan dari GBPP yang telah ada sebelumnya pada Sekolah Dasar di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Padang.
Tahap Ketiga, buku pelajaran yang telah ditulis tersebut akan diuji cobakan pada beberapa sekolah sebagai sampel di Kota Padang. Berdasarkan hasil uji coba tersebut, dilakukan revisi baik menyangkut GBPP, Silabus maupun materi Buku Pelajaran, sehingga buku pelajaran ini betul-betul memiliki nilai adat dan budaya masyarakat Kota Padang.
Berdasarkan hal-hal yang diuraikan di atas, maka buku pelajaran Budaya Alam Minangkabau yang telah disusun ini mengandung beberapa kelebihan antara lain :
l. Buku pelajaran Budaya Alam Minangkabau ini ditulis berdasarkan hasil penelitian yang mendalam pada sekolah-sekolah, pemuka masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, di kota Padang sehingga materi-materi yang disajikan dalam buku ini merupakan kebutuhan masyarakat dalam upaya pelestarian adat dan budaya bagi siswa Sekolah Dasar saat ini.
2. Materi-materi pelajaran yang disajikan kepada siswa adalah berdasarkan kebutuhan masyarakat terhadap adat istiadat, budaya Alam Minangkabau yang harus dimiliki siswa, sehingga diharapkan para siswa dapat mengaplikasikan nilai adat dan budaya dalam kehidupannya sehari-hari .
3. Dalam penyajian materi pembelajaran di sekolah, maka keaktifan siswa lebih diutamakan, sehingga siswa lebih banyak berdialog, berdiskusi, tanya jawab, baik sesama mereka maupun dengan guru, sehingga materi pelajaran yang diberikan oleh gurunya betul-betul dihayati, dan diamalkan oleh siswa di sekolah, di rumah dan dalam masyarakatnya.
4. Peranan guru dalam penyajian lebih diutamakan sebagai mediator, fasili-tator, dan pembimbing dari pada mengintrodusir materi sebanyak-banyak kepada siswa, sehingga proses belajar mengajar lebih banyak bersifat penghayatan dan pengamalan ketimbang menerima pelajaran secara verbal.
5. Penerapan dan evaluasi hasil pembelajaran dilaksanakan setiap akhir penyajian materi. Evaluasi tersebut tidak hanya sekedar mengetahui pengetahuan dan pemahaman (domain kognitif) siswa belaka, akan tetapi juga lebih ditekankan pada aspek sikap (domain afektif) dan pengamalan (domain psikomotor)nya.
6. Dalam buku ini telah dijelaskan tujuan yang akan dicapai, kegiatan siswa, pekerjaan rumah (PR) siswa dan evaluasi akhir pelajaran, sehingga kemudahan-kemudahan bagi guru dan siswa akan menambah keberhasilan pelajaran ini.
Buku BAM untuk SD ini ada 3 (tiga ) jilid, untuk kelas IV, V dan VI.
Daftar Isi
BUKU KELAS IV SD
KATA PENGANTAR v
SAMBUTAN viii
DAFTAR ISI xii
BAB I: Minang Kabau dan Padang 1
A. Asal Orang Minang Kabau dan Padang 1
B. Sejarah Padang 8
C. Asal Nama Minangkabau 18
D. Pertanyaan dan Tugas 23
BAB II: Sopan Santun 25
A. Sopan Santun Ibarat Jalan Nan-4 27
B. Budi Baso 32
C. Taratik 36
D. Sifat dalam Bergaul 47
E. Pertanyaan dan Tugas 53
BAB III: Permainan di Nagari 55
A. Permainan Anak-Anak Minang 55
B. Pertunjukan Anak Nagari di Padang 58
C. Pertanyaan dan Tugas 60
BAB IV: Kesenian Tradisional Minangkabau 61
A. Seni Suara 63
B. Seni Gerak 82
C. Seni Rupa 95
D. Pertanyaan dan Tugas 101
KEPUSTAKAAN
ftar Isi
BUKU KELAS V SD
PENGESAHAN iv
KATA PENGANTAR v
SAMBUTAN iii
DAFTAR ISI xii
BAB I: Rumah Gadang dan Rangkiang 1
A. Rumah Gadang 1
B. Suku di Minangkabau 17
C. Pertanyaan dan Tugas 35
BAB II: Alek Salingka Hiduik Minang 37
A. Turun Mandi 37
B. Khatam Quran 44
C. Sunat Rasul 45
D. Hari Baiak Bulan Baiak 47
E. Pertanyaan dan Tugas 54
BAB III: Laki-laki Minag 55
A. Laki-laki Minang Sebagai Anak Kemanakan 55
B. Laki-laki Minang Sebagai Mamak-Ayah 60
C. Pertanyaan dan Tugas 67
BAB IV: Sako Pusako dan Sasangko 69
A. Pengeritan Sako, Pusako dan Sansangko 69
B. Macam-macam Pusako 74
C. Fungsi Pusako 76
D. Pertanyaan dan Tugas 77
KEPUSTAKAAN
Daftar Isi
BUKU KELAS VI SD
PENGESAHAN iv
KATA PENGANTAR v
SAMBUTAN iii
DAFTAR ISI xii
BAB I : Rumah Gadang dan Rangkiang 1
A. Rumah Gadang 1
1. Pengertian 1
2. Tatakrama di Rumah Gadang 3
3. Tata Ruang Rumah Gadang dan Fungsinya 5
4. Macam-Macam Rumah Gadang 7
5. Cara Membangun Rumah Gadang 10
B. Rangkiang 13
1. Pengertian Rangkiang 13
2. Letak Rangkiang 14
3. Macam-Macam Rangkiang 15
4. Nilai Moral yang Terkandung dalam Rangkiang 18
C. Pertanyaan dan Tugas 20
BAB II : Balai Adat 23
A. Pengertian 23
1. Tipe Koto Piliang 25
2. Tipe Bodi Caniago 25
B. Fungsi Balai Adat 27
C. Pertanyaan dan Tugas 30
BAB III: Surau dan Masjid 33
A. Sura dan Masjid Simbol Syarak (Islam) 36
1. Mangaji 34
2. Ibadat 37
B. Simbol Adat (Budi) 38
1. Adat 38
2. Bela Diri 39
C. Pertanyaan dan Tugas 40
BAB IV : Sejarah Perubahan Status Administratif Ibu Kota
Ibu Kota Padang 41
A. Ibu Kota Padang Sebelum Zaman Republik 42
B. Ibu Kota Padang di Zaman Republik 48
C. Pertanyaan dan Tugas 61
KEPUSTAKAAN 63
ANDA BERMINAT BUKU BAM SD KELAS IV V DAN VI
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar